Yang betul SELESMA, bukan FLU ( oleh dokter Darmawan Budi Setyanto )

Sehari-hari sangat sering kita jumpai atau alami keluhan medis berupa demam, batuk, pilek. Biasanya tanpa berpikir kita akan menyebutnya sebagai FLU. Ini KELIRU! Istilah yang benar adalah SELESMA, suatu istilah Indonesia yang hampir terlupakan.
Mengapa istilah FLU keliru? 

Selesma adalah istilah Indonesia untuk 'common cold', yang istilah medisnya rinitis atau rinofaringitis. Orang Inggris / Amerika menyebutnya 'common cold' karena memang penyakit ini sangat 'common' dijumpai sehari-hari. Penyebab selesma ada lebih dari 100 jenis virus, bahkan sebagian ahli menyebut sekitar 200 jenis virus berbeda yang bisa menyebabkan selesma. Virus FLU (kependekan dari influenza) hanya merupakan salah satu dari sekian banyak virus penyebab selesma. Virus penyebab selesma yang paling banyak adalah rhinovirus. Seandainya mau keliru menyebut, mestinya disebut ‘rhino’ bukan ‘flu’. Kekeliruan penyebutan selesma menjadi flu ibarat kelirunya menyebut semua ‘sepeda motor’ sebagai ‘honda’, atau semua ‘kamera’ sebagai ‘kodak’. Kekeliruan ini diperparah oleh iklan berbagai obat 'common cold' yang keliru menyebut selesma sebagai flu.
Kekeliruan pemahaman ini dapat membingungkan pasien yang akan atau sudah mendapat imunisasi flu (influenza). Orangtua pasien bisa memprotes: ‘Anak saya sudah diimunisasi flu kok masih kena flu?’. Sebenarnya yang terjadi adalah pasien yang sudah diimunisasi flu insya Allah tidak akan terkena selesma akibat virus flu, namun masih bisa terkena selesma akibat virus lain. Di antara ratusan virus penyebab selesma, maka virus influenza-lah yang paling berbahaya sehingga dibuat vaksinnya.
Begitu. Semoga menambah ilmu.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Yang betul SELESMA, bukan FLU ( oleh dokter Darmawan Budi Setyanto ) "


  1. Game Online Terupdate dan Terbaru ada di KUNGFU CHICKEN SABUNG AYAM BANGKOK !!

    HUBUNGI >>> KONTAK KAMI


    (BBM) : AGENS128
    (WhatsApp) : 085222555128

    BalasHapus


  2. HASIL SURVEY MEMBUKTIKAN BAHWA AGENS128 ADALAH SITUS RESMI TARUHAN BOLA &

    SABUNG AYAM TERBAIK SEJAK 2017

    BUKTIKAN SENDIRI & JANGAN LUPA KLAIM BONUSNYA !!!

    INFO LEBIH LENGKAP, LANGSUNG KLIK : KONTAK AGENS128
    (BBM) : AGENS128
    (WhatsApp) : 085222555128

    BalasHapus